Karbon Aktif / Arang Aktif

https://1.bp.blogspot.com/-CM6Rt18k2RI/UrW2RHcMT6I/AAAAAAAAAII/eo9f3h5JNyo/s72-c/karbon_aktif.JPG click to zoom
Ditambahkan Jumat, November 29, 2013
Kategori Media Filter Produk
Harga - @ Karbon aktif / arang aktif granular ini berfungsi untuk menjernihkan air dan menyerap bau air. Tersedia dalam kemasan zak (25 K...
Share
Hubungi Kami
Hubungi Kami

Deskripsi Karbon Aktif / Arang Aktif


- @Karbon aktif / arang aktif granular ini berfungsi untuk menjernihkan air dan menyerap bau air.

Tersedia dalam kemasan zak (25 Kg) dan kemasan kiloan (5 Kg)


Fungsi Karbon Aktif dan Beragam Pemanfaatannya

Karbon atau atau yang biasa disebut sebagai arang aktif adalah karbon yang memiliki luas permukaan sangat besar sekali. Satu gram karbon aktif, luas permukaannya bisa mencapai 500 meter persegi. Karbon aktif memiliki kemampuan absorpsi yang baik. Bisa dengan sangat baik menyerap air dan racun di dalam tubuh manusia. Namun terlepas dari itu semua, karbon aktif memiliki manfaat yang beragam.

Karbon Aktif Untuk Kimia

Karbon aktif dalam dunia kimia dapat digunakan sebagai pembersih kotoran. Misalnya zat warna atau volume muatan kecil pada produk farmasi. Karbon aktif yang dipilih adalah yang permukaannya dalam, memiliki gesekan rendah, pori yang optimal dan bagus serta kepadatan yang sangat tinggi.

Karbon aktif juga berfungsi untuk industri kimia seperti pembuatan obat-obatan. Sifatnya yang mampu mengadsorpsi dengan sangat baik mampu menghilangkan berbagai polutan atau kotoran dari udara dan air. Tidak hanya pembuatan obat-obatan saja, namun juga remediasai air tanah, pemurnian udara, filtrasi air minum, penyaringan limbah, proses bahan bakar dan lain sebagainya.

Kegunaan Karbon Aktif Untuk Air

Karbon aktif yang terbuat dari arang kelapa rupanya sangat cocok untuk membersihan air. Karbon aktif dari arang kelapa sangat mampu dan mungkin untuk digunakan sebagai filter air sumur bor ataupun filter air PAM. Seringkali penggunaannya digabungkan dengan pasir silika, zeolit ataupun manganese green sand.

Air minum apalagi yang kurang bersih dapat mengandung klorin atau clhoramines, senyawa tersebut dapat mengakibatkan kanker dan berbagai macam penyakit berbahaya lainnya.

Air yang dialirkan menggunakan pipa atau titik solder juga sangat mungkin mengandung timbal. Resiko pipa yang sudah tua dan kurang bersih adalah penyebabnya. Meskipun beberapa filter sudah digunakan untuk membersihan air, namun tetap saja hanya karbon aktiflah yang mampu membersihkan air secara efektif dan menyeluruh. Karbon aktif ini dapat menyerap logam berat yang terkandung di dalam air.

Di tanah terdapat radon, produk peluruhan dari radio aktif yang hubungannya dengan kanker paru-paru. Memang tidak di semua tanah, namun di beberapa tanah terkandung zat tersebut. Karbon aktif dapat menghilangkan zat radon tersebut, namun peralatan untuk penjernihannya belum ditetapkan dan belum banyak digunakan.

Karbon Aktif Untuk Udara

Karbon aktif dapat pula diaplikasikan pada udara, fungsinya yakni untuk memfiltrasi udara dan gas. Karbon aktif dapat menghilangkan volatil dari udara, dapat juga menghapuskan siloksan dari biogas. Dalam kebanyakan kasus senyawa tersebut sangat dibatasi jumlahnya di udara. Teknologi biogas telah terbukti mampu menghilangkan senyawa tersebut selama bertahun-tahun.

Hidrogen sulfidan dan bau kontrol dapat pula diatur dengan yang namanya karbon aktif atau arang aktif. Senyawa tersebut diketahui sangat berbahaya bila terhirup, dapat menjadi zat yang sifatnya karsinogen dan kemudian memicu timbulnya penyakit kanker. Senyawa tersebut biasanya dihasilkan oleh industri yang menghasilkan limbah kota dan lain sebagainya.

Gas buang juga ada kaitannya dengan polusi udara, limbah kota padat, limbah industri yang berbahaya, limbah pembuangan kotoran lumpur dan krematorium, serta limbah medis juga mengakibatkan limbah buangan yang sifatnya polutan. Untuk menghilangkan zat buangan yang berbahaya tersebut tentunya tidak mudah. Karbon aktif digunakan sebagai alat untuk membersihkan udara dengan sangat baik.

Namun penggunaan karbon tesebut tidak begitu saja diletakkan di tempat terbuka. Melainkan melalui proses pengolahan yang tepat, yakni dengan menggunakan teknologi The Dosing Powder Activated Carbon (PAC). Teknologi tersebut sangat diperlukan agar kualitas udara menjadi lebih baik dan sehat. Karbon aktif juga diketahui mampu menghilangkan zat berbahaya di dalam gas.